Pages

Ads 468x60px

6 Tips Jitu Membuat Video Pro untuk Pemula


“Everybody’s a filmmaker today”

Yu no wat, Gan? perkataan ini ternyata sejalan dengan apa yang terjadi atau yang tengah hits saat ini, yaitu munculnya karya-karya apik melalui gambar berjalan alias video.. Tentu Agan-agan udah pada tahu nama-nama seperti 
PewDiePie, Ksi, Rhet & Link atau nama lokal kayak Raditya Dika, Edho Zell, Bayu Skak dll yang sukses menambah kesejahteraan finansialnya “hanya” melalui Video yang mereka hasilkan..

Every pro was once an amateur, (Nah cakep) Seperti ungkapan tadi, Agan juga bisa kok seperti mereka-mereka yang ane sebutkan diatas, percayalah, semua orang yang sudah profesional pada bidang apapun, pada mulanya mereka adalah seorang amatir.

Bagi agan/aganwati yang pengen mencoba merambah dunia ini, nih ane bagi-bagi ilmu bagaimana cara membuat video profesional untuk pemula, biar videonya paten dan suaranya ga kresek-kresek...

(O ya, video yang bakalan Agan bikin ternyata bisa hasilin duit sampe ratusan juta lho.. Ga percaya? Coba baca trit ini sampe abis 
)

Quote:1. Perhatikan Pencahayaan


Dalam membuat video, hal pertama yang mesti Agan perhatikan adalah pencahayaannya, untuk mensiasatinya gunakan lighting biar video buatan Agan bisa terlihat lebih baik. Kalau Budget Agan tipis, bisa gunakan cahaya matahari kok, Gratiss..

Quote:2. Menjaga Stabilitas


Tentu Agan ga mau dong video yang agan bikin hasilnya goyang-goyang? Pasti kelihatan amatirnya kalau gitu.. Nah, untuk ngakalinnya Agan bisa menggunakan Tripod atau Steadycam, tentu untuk yang ini Agan harus merogoh kocek untuk membelinya. Tapi jangan khawatir, versi low budgetnya juga bisa didapetin lho..

Begini caranya, coba pasangkan sekrup pada lubang sekrup yang terdapat di bagian bawah kamera, lalu ikatkan tali pada sekrupnya. Setelah itu, atur ketinggian kamera yang diperlukan sambil menginjak kedua sisi bawah tali agar kamera bisa stabil. 


Gampang kan? 

Quote:3. Optimalkan Resolusi


Layaknya bikin baju, pasti dalam prosesnya sedikit banyaknya ngebuang bahan kan? Sama halnya dengan membuat video, ketika mengeditnya Agan harus merekam dalam resolusi diatas keinginan agan. Misal, jika ingin video dengan resolusi 720p, agan harus membuatnya dengan resolusi 1080p biar nantinya Agan bisa memanfaatkan zoom in dan zoom out tanpa merusak kualitas video.

Quote:4. Framing


Yap, pelajari framing Gan! Pada dasarnya, framing adalah penggunaan elemen di lingkungan perekaman untuk memperkaya rekaman, atau untuk membuat rekaman lebih menarik. Meletakkan subjek ke arah kanan bingkai dengan latar belakang subjek lain akan membuat rekaman lebih menarik, alih-alih memfokuskan kamera langsung pada subjek.

Quote:5. Dubbing 


Permasalahan klasik dalam membuat video adalah suara rekaman masih saja sulit terdengar atau terlalu banyak noise-nya. Untuk mensiasatinya, Agan bisa melakukan cara yang biasa dilakukan di stasiun tv, yakni dengan dubbing. Memang sedikit ribet sih Gan, tapi untuk Audio yang bagus bolehlah berjuang lebih..


Quote:5. Gunakan Kamera yang Bagus


Ini nih yang vital Gan, untuk mendapatkan hasil video yang bagus dan terlihat professional, tentu diperlukan kamera yang mumpuni, ga mungkin kan pake hape 300 ribuan. 
 Semakin bagus kamera Agan, semakin baik hasil videonya. Belilah kamera HD untuk mendapatkan sentuhan profesional pada video Agan.

sumber : kaskus.co.id


No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates