Pages

Ads 468x60px

Mengenal Komponen Pada PC (CPU) serta fungsinya



Pada penulisan artikel saya kali ini saya akan membahas mengenal lebih dalam lagi komponen pada pc dan fungsinya 

CPU (Central Processing Unit),adalah perangkat terpenting dalam sebuah komputer yg memiliki peranan sebagai pengolah data atau pusat pemrosesan, seperti contoh ketika kita mengetik melalui keyboard, maka keyboard akan mengirim sebuah perintah ke CPU, dan disinilah peranan CPU, ia akan mengolah perintah dari keyboard tersebut dan menampilkannya pada monitor dalam bentuk tulisan yg kita ketik. Tentunya di dalam CPU terdapat berbagai komponen yg saling berhubungan, dan disini saya akan berbagi apa dan fungsi dari komponen tersebut.Satu persatu saya akan membahasnya dan 
dimulai dari 

1.Casing


Casing adalah bagian terluar dari CPU. Berfungsi untuk menutupi dan melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu, dll. CPU juga memiliki fungsi sebagai dudukan atau tempat berdirinya komponen-komponen lain agar dapat berhubungan dengan kuat.









2.Processor
processor adalah sebuah chip kecil yg berfungsi sebagai pemikir atau pemroses semua perintah yg diterima oleh CPU. Semakin tinggi tingkat processor-nya maka sebuah komputer akan semakin cepat juga memproses perintah dari aktifitas yg kita lakukan, dan tentunya harus diimbangi juga dengan komponen-komponen lainnya.Umumnya pengertian processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
Letak prosesor ini terdapat di motherboard, nah saat pemilihan motherboard harus disesuaikan dengan jenis soket dari prosesornya contoh untuk proscessor intel ada soket LGA maka cari motherboard dengan soket LGA juga dan proscessor AMD ada AM3+ maka harus disesuikan juga. 

Namun ada hal terpenting yang selalu terlupakan yaitu nilai TDP prosesor harus sesuai dengan motherboardnya seperti sudah saya bahas di tips membuat komputer rakitan. Prosesor juga sering disebut “Microprosessor”. Bagian terpenting dari prosesor adalah:Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi

Fungsi Processor (prosesor)Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output.
prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut. 

Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer

Untuk segi pengembang atau perusahaan khusus produksi prosesor ada 2 perusahaan terkenal yaitu intel dan AMD. Dari 2 perusahaan inilah banyak membanjiri pasaran processor. Produk ke2nya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

3.RAM

RAM adalah singkatan dari kepanjangan Random Acces Memory. Pada prinsipnya, pengertian RAM dapat ditinjau dari beberapa segi, yaitu, segi input area, program area, working area, dan output area. Jika dilihat dari segi input area, RAM dapat diartikan sebagai media  untuk menyimpan data input yang akan diolah. Kemudian, jika ditinjau dari segi program area, RAM dapat didefinisikan sebagai media untuk menyimpan program yang akan dipakai untuk memproses data. Di tinjau dari segi working area, RAM dapat berarti sebagai media untuk menyimpan proses pengolahan data yang hendak dikerjakan. Dan, jika di tinjau dari segi output area, RAM adalah media untuk menyimpan semua hasil pengolahan data. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian RAM adalah media untuk menyimpan data dan instruksi dari suatu program komputer.

Fungsi RAM 

Fungsi RAM dapat tergambar dari pengertian di atas. RAM berfungsi sebagai komponen sementara dalam menyimpan program atau data yang diakses ketika komputer sedang aktif/beroperasi. Seperti diketahui bahwa prosessor sebetulnya memiliki kapasitas terbatas (kecil) dalam menyimpan data dan instruksi yang terdapat pada register, jadi tidak dapat menyimpan seluruh informasi yang diperlukan untuk menjalankan proses program, apalagi bila ukurannya besar. Untuk itu, proses harus didampingi komponen berkapasitas besar, yang dapat menyimpan data dan instruksi yang berukuran besar pula. Nah, untuk itulah RAM hadir sebagai sebuah komponen penting dalam komputer (PC).

Jenis-Jenis RAM 

Jenis-jenis RAM dapat dibedakan ke dalam dua kelompok besar, yaitu RAM berbasis chip dan RAM berbasis card. Berikut ini semua RAM dari masing-masing jenis tersebut: 

RAM berbasis chip
SRAM (static RAM)
Jenis RAM statis yang sifatnya semivolatile. Dipakai untuk membantu komputer dalam kecepatan  proses dan tidak memerlukan operasi daya refresh. Proses pembuatannya menggunakan teknologi CMOS.

DRAM (dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik yang sifatnya volatile. Dipakai untuk membantu kecepatan proses komputer dan memerlukan arus daya listrik secara kontinyu dalam operasinya sehingga diperlukan refresh. Proses pembuatannya menggunakan teknologi DMOS (double diffuse MOS)

NVRAM (non-volatile RAM)

Jenis SRAM yang memiliki catu daya listrik sendiri, yaitu dari sebuah baterai mini sehingga dapat menyimpan daya walaupun komputer dimatikan. Memiliki fungsi untuk menyimpan  jam, waktu, kalender, program setup, dan konfigurasi komputer.

FRAM (ferro electric RAM)

Jenis SRAM yang tidak memerlukan catu daya listrik atau baterai mini karena sudah menggunakan daya medan magnet.
RAM berbasis card

EDO RAM (extended data output RAM)

Jenis RAM untuk prosesor pentium edisi pertama. Mempunyai kapasitas memory 8 Mb sampai maximum 16 Mb, dengan standar PC 66/1 00. Menggunakan kemasan SIMM (single in-line memory module) dengan jumlah penyemat memory 72 pin.

SD RAM (synchronous dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 1,2, dan 3. Kecepatan bus memory ini berkisar pada frekwensi 66 Mhz sampal 133 Mhz, atau disebut memory PC 66/PC 100/PC 133. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), jumlah penyemat memory 168 pin.

DDR RAM (double data rate RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 4. Memory DDR RAM (DDR 400) memiliki banyak tipe dan umumnya dikelompokkan dan dirancang berdasarkan bandwidth ketika beroperasi. Selain itu, dipengaruhi oleh besarnya clock yang diberikan oleh memory itu nantinya. Ada beberapa tipe yang digunakan, yaitu PC 1600/2100/2700/3200 dengan tawaran clock 400 Mhz. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), dengan jumlah penyemat memory 184 Pin.

DDR dual channel RAM

Jenis memory ini tidak seperti pemasangan SDRAM atau DDR biasa. DDR dual channel adalah teknologi yang sama dengan memory RD RAM (rambus dynamic RAM), yang memerlukan sistem dual channel, yaitu keharusan untuk memasang dua keeping modul memory dengan kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung kerja motherboard. Di samping itu, khusus untuk penggunaan memory RDRAM harus ada penambahan dua pasang memory terminator untuk mendukung memory standar PC 2700/3200/4000, dengan tawaran clock antara 500 sampal 800 Mhz.

Twister DDR dual channel RAM

Memory tipe TwinX/Twinmatch/Twister atau kode CMX yang menandakan bahwa memory ini bisa digunakan pada dual channel mainboard

SODIMM RAM

Memory yang biasa digunakan untuk kelas server maupun  notebook.

4.VGA


VGA card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.
Fungsi VGA Card 
atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.
Jenis-Jenis VGA
Dibawah ini beberapa jenis VGA:
Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit
Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O
Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O
Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O
Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s.

Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal, demikianlah ilmu pengetahuan tentang Pengertian VGA Dan Fungsi VGA Komputer


Struktur VGA mirip dengan komputer yang sangat kecil. VGA card memiliki prosesor yang disebut dengan GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memori di dalamnya. Prosesor ini akan panas jika dialiri listrik saat bekerja, sehingga dibutuhkan heatsink sebagai penyerap panas dan kipas sebagai pengusir panas pada heatsink. Hal ini dikarenakan GPU memiliki suhu optimal kerja dan tidak boleh terjadi overheat. Jika terjadi overheat, maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.
Jenis-jenis VGA card

VGA card terbagi menjadi dua jenis menurut bentuknya, yakni VGA card on board dan VGA card add-on. VGA on board dapat anda jumpai di semua motherboard saat anda membeli komputer atau laptop karena sudah menjadi satu paket. VGA ini dapat anda gunakan untuk menampilkan output pada layar monitor dengan baik. Sebenarnya jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi, kita tidak memerlukan VGA card add-on. Jika anda merasa VGA card on board anda kurang maksimal atau kurang canggih, anda bisa menambahkan VGA card add-on. Hal ini utamanya bagi anda para desainer grafis, editor film dan juga pemain game 3D.

Maka dari itu, keberadaan VGA card add-on adalah sesuai dengan kebutuhan anda. Ketika terlihat nyata bahwa VGA on board anda tidak mampu melakukan apa yang menjadi kebutuhan anda, maka VGA card add-on dapat ditambahkan. Namun ini hanya berlaku pada PC saja karena untuk perangkat lainnya tidak tersedia slot untuk penambahan VGA card add-on. Apalagi VGA card add-on juga membuat kebutuhan daya listrik pada komputer menjadi tinggi dan ini hanya bisa dipenuhi oleh PC saja. Dalam memutuskan VGA card yang akan anda gunakan, anda juga harus mengetahu kelebihan dan kelemahan masing-masing.
Kelemahan dan kelebihan masing-masing VGA card

VGA card on-board memiliki kelebihan yakni sudah satu paket dengan motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan. Terlebih lagi, VGA card on-board bisa dikatakan gratis. Setiap anda membeli motherboard, pasti sudah terpasang VGA card on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk anda yang memiliki budget terbatas dalam pembelian komputer. Sementara kekurangannya adalah VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibatmemori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.

Sedangkan untuk VGA card add-on, kelebihannya adalah bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak  memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu. Sedangkan kelemahannya adalah harganya mahal, bahkan bisa lebih mahal dari seperangkat motherboard ditambah dengan prosesor dan RAM. Selain itu, kelemahan lainnya adalah membuat komputer anda membutuhkan tenaga listrik lebih besar dari biasanya. Jika anda memiliki power supply yang kapasitasnya tidak besar, maka kinerja komputer tidak akan normal, sehingga anda diharuskan mengganti power supply dengan yang lebih tinggi dan tentu saja ini harganya tidak murah.

5.Hardisk

Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop. Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas daya tampung daripada harddisk itu sendiri juga terbilang cukup besar. Dimana kalkulasi yang dipakai adalah dalam ukuran Byte (B).

Fungsi Hard Disk
Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.

6.Sound Card

Sound Card, dari nama komponen ini sepertiya kita sudah bisa menebak apa tugas dari sound card tersebut. ya..tentu, fungsinya adalah memerima sinyal digital dari komputer dan menjadi gelombang dan menghasilkan sinyal sonic. Jadi semua perintah suara yg ada di komputer kita sound card inilah yg memprosesnya sebelum mengeluarkannya melalui speaker.



7.Power Supply

Ini adalah komponen yg memiliki fungsi untuk mengalirkan daya listrik menuju komponen-komponen lainnya agar dapat hidup dan bekerja. Power supply juga dibedakan dalam beberapa bentuk ukuran, seperti: 300watt, 380watt, 400watt, 450watt, 600watt. dll.
Pada power supply banyak mempunyai konektor - konektor sebagai output dari power supply, Setiap konektor dari power supply menyesuaikan dari komponen hardware komputer yang akan diberi daya dan setiap konektor mempunyai peranan dan fungsi yang berbeda - beda. Berikut adalah fungsi konektor power supply:

Konektor 20/24 PIN ATX motherboard : konektor ini akan langsung dihubungkan ke motherboard karena berfungsi untuk memberi daya pada motherboard.
Konektor 4/8 pin 12V : Konektor 4 pin 12 volt biasanya digunakan pada komputer P4 sedangkan konektor 8 pin 12 volt biasanya digunakan untuk komputer server. Konektor ini berfungsi untuk memberikan supply daya khusus ke processor.
6 pin AUX power kabel : konektor ini berfungsi untuk memberikan data pada komponen VGA card yang berjenis PCIe keatas yang membutuhkan daya lebih untuk bekerja.
Konektor 4 pin peripheral : Konektor ini berfungsi untuk menyuplai daya ke komponen - komponen seperti: harddisk, CD ROOM, grafik card, cashing fan dan lain-lain.
Floppy Disk Power Kabel : konektor ini mempunyai unkuran yang sangat kecil yang digunakan untuk mensuplai daya ke floppy disk.
SATA Power Kabel : Konektor ini digunakan untuk mensuplay daya ke komponen-komponen yang mempunyai port SATA seperti: harddisk SATA, CD Room SATA.
  
Power supply adalah perangkat elektronik yang berbentik persegi yang melekat pada chasing komputer yang berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC untuk memberi daya pada komponen komputer seperti motherboard, harddisk, CD room, Floppy Disk maupun komponen lain yang memerlukan daya. Pada saat ini dikenal 2 jenis power supply yaitu power supply AT dan power supply ATX.

8. Disk Drive
Optical Disk Drive 



Sering disebut dengan cd/dvd room, merupakan sebuah perangkat yg berfungsi untuk membaca data apa pun yg telah kita masukkan ke dalam cd/dvd. dan beberapa macam tipe dari optical drive adalah: CD ROOM drive, CD-RW drive, DVD-ROOM drive, DVD-RW drive.








9.Motherboard



Motherboard ( Papan Induk ) - Adalah perangkat keras komputer ( Hardware ) yang paling utama pada sebuah sistem komputer dan di dalamnya terdapat sistem BIOS ( Basic Input Output System ), yang bertugas mengatur hubungan input-output pada chipset, Memory ( RAM ), VGA Card, Prosesor dan Card-Card tambahan lainnya seperti Lan Card, Sound Card dll.

Fungsi Motherboard - Adalah sebagai sentral atau pusat bagi semua perangkat keras lainnya seperti: RAM, Harddisk, Prosesor, Keyboard, Mouse, Optical Drive, Layar ( Monitor ), serta semua perangkat keras yang terpasang dan dihubungkan dengan Motherboard itu sendiri agar semua perangkat-perangkat keras tersebut bisa saling berhubungan dan membentuk sebuah sistem kerja yang disebut komputer.
Saat ini sangat banyak merek Motherboard yang beredar dipasaran. Produsen Motherboard baik  Desktop maupun Laptop, saling bersaing memenangkan pasar perangkat keras khususnya motherboard. Diantara sekian banyak merek Motherboard yang beredar dipasaran, berikut beberapa merek yang paling umum dan sering digunakan: ASUS, GigaByte, Biostar, Intel, ECS, Next, dll. 

Harga untuk satu unit motherboard tergantung pada jenis, merek dan tipenya. Tugas kita sebagai konsumen adalah: Pintar-pintar dalam memilih produk agar sesuai dengan tujuan kegunaannya serta memperhatikan kualitas dari Motherboard itu sendiri. 
Berikut beberapa tips memilih motherboard jika Anda akan merakit komputer:


  • Perhatikan jenis socket prosesor dan sesuaikan dengan prosesor yang akan Anda beli.
  • Frekuensi BUS (Semakin besar Ghznya semakin bagus karena berhubungan dengan jalur data dan kecepatan kinerja komputer).
  • Jumlah socket SATA dan PCI ( Semakin banyak socket SATA maka semakin banyak Harddisk, Optical Drive atau perangkat lainnya yang bisa dipasang, begitu juga dengan PCI)
  • Jumlah Socket RAM (Memory)
  • Output Display ke monitor misal DVI dll.

Selain 5 point diatas yang tidak kalah penting jika kita ingin merakit sebuah komputer adalah: Reputasi sebuah merek di masyarakat, semakin banyak orang yang menilai baik suatu produk maka semakin bagus untuk kita menjatuhkan pilihan kepada produk tsb. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah jenis dan masa garansi, sebagai konsumen kita harus jeli dan selalu menanyakan kepada penjual produk. Apa jenis garansinya: garansi nasional, pabrik atau garansi toko? serta berapa lama garansinya. Sebaiknya pilih garansi yang Nasional atau garansi Pabrik, serta jangan lupa menyakan dimana lokasi service centernya jika suatu saat kita membutuhkan informasi tersebut.

Demikian arti dari seluruh komponen pada pc serta fungsinya dan sedikit tips dari saya mungkin bisa jadi bahan masukan untuk anda. thnks



No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates